Minggu, 23 Maret 2008

Forum Studi Mahasiswa Halmahera Selatan

SEBUAH TAWARAN

Tafsir Identitas
1
Ikatan Pelajar Mahasiswa
Halmahera Selatan Maluku Utara Malang
IPMA-HALSEL MALUT

Oleh: Rahmat Abd Fatah


Dasar Pemikiran


Berangkat dari satu pemikiran yang sama bahwa mahasiswa halmahera selatan disetiap tahunnya menambah prosentase jumlah yang signifikan. Maka sangat dibutuhkan sebuah wadah untuk saling berkomunikasi untuk menambah ikatan kekeluargaan dan disisi lain IPMA-HALSEL lahir didasari oleh semangat idealisme yang dalam oleh beberapa putra daerah Halmahera Selatan yang haus akan diskusi dan kajian menginginkan terjadinya perubahan pola perkumpulan daerah.


Yaitu dari sekedar urusan administratif, kumpul-kumpul biasa beralih pada sebuah wadah perkaderan yang dengannya mampu menghasilkan putra daerah yang RUSAK (radikal, universal, sistematis, analitis dan kritis). Serta berkepribadian Religius.


B. Identitas IPMA-HALSEL


IPMA-HALEL seperti organisasi daerah lainnya merupakan wadah perkumpulan Mahasiswa/i halmahera Selatan yang sedang menempuh kuliahnya dimalang. IPMA-HALSEL bergerak secara Struktur maupun kultural mencoba lari dari sekat-sekat urusan administrasi yang Mbulet dan membosankan. IPMA-HALSEL memiliki ciri yaitu :


IPMA-HALSEL adalah organisasi kader, independent dan bergerak dibidang kemahasiswaan, keintelektualan, dan kemasyarakatan dalam rangka menyiapkan generasi yang siap mewarnai dan memberi konstribusi bagi perubahan Kabupaten Halmahera selatan.


Aktualisasi yang dilakukan senantiasa tetap bersandar pada integrasi nilai-nilai religius dan ilmiah artinya, gerakan yang dibangun senantiasa mengedepankan wacana zikir dan pikir.
Oleh karena itu setiap kader IPMA-HALSEL merupakan kader yang :


Tertib dalam beribada sebagai wujud ketaqwaan
Tekun dalam mengkaji dan mengembangkan ilmu
Konsisten dalam perjuangan


Falsafah :


Keikhlasan menjadi landasannya
Ridho Allah menjadi ghoyah terakhir
Tenaga perbuatan (power of action) sangatlah menetukan karena nasib diri dan daera sangatlah bergantung pada usaha dan perbuatan kita hari ini.


C. Maksud Dan Tujuan


Visi : sebagai wadah perkaderan IPMA-HALSEL memiliki visi ”Mengusahakan terbentuknya Generasi yang berakhlak mulia dan ”progresif” untuk menuju perubahan halmahera selatan”.
Misi: Misi adalah seperangkat nilai yang diyakini kebenarannya yang akan menghantarkan dan sekaligus memberikan arahan proses untuk mencapai tujuan. Dalam konseptualisasi gerakan inilah misi yang diharapkan senantiasa terpelihara secara koko didalam ”state of mine” generasi halmahera selatan yang berada dimalang. Sebagai bentuk pelestarian doktrin dan loyalitas kelembagaan. Dengan demikian integrasi dan misi IPMA-HALSEL ini menjadi meanstream yang secara komunal akan membingkai generasi halmahera selatan kedalam satu kerangka keseragaman paradikmatik atau pola yang dikembangkan oleh IPMA-HALSEL
Visi dan misi yang diurai diatas. tertuang kedalam tiga kerangka pikir yang menjadi dasar gerak dan identitas IPMA-HALSEL yaitu :


Keagamaan


Sebagai generasi halmahera selatan yang kental dengan nilai-nilai religiusitas, IPMA-HALSEL senantiasa memberikan pembahruan keagamaan menyangkut pemahaman pemikiran dan realitasnya dengan kata lain menolak kejumudan. Menjadikan agama sebagai proses idealitas sekaligus jiwa yang menggerakan setiap langkah dan aktifitas IPMA-HALSEL ” moto indah yang harus terus diaktualisasi oleh generasi IPMA-HALSEL adalah ” dari agama kita berangkat dan dengan agama kita membangun”. Ia adalah semangat dan landasan cita untuk perubahan.
Sebagai generasi yang memiliki jiwa religiusitas, paling tidak memiliki kompetensi dasar sebagai berikut :


Aqidah yang terimplementasi
tertib dalam beribadah dan
akhlakulkarimah
Intelektualitas


Pada kontek ini IPMA-HALSEL berproses untuk menjadi ”Centre Of Excellent” pusat-pusat unggulan terutama sisi intelektual. melalui wadah inipula diharapkan muncul ide-ide segar pembaharuan. Sebagai kelompok intelektual, kader IPMA-HALSEL selallu berpikir universal tidak sempit dan tersekat oleh kotak-kotak ekslusivisme. Produk-produk pikirannya tidak bernuansa kelompok dan harus bisa menjadi rahmat bagi semua umat. Terutama bagi kemajuan Halmahera Selatan dan Maluku Utara pada umumnya


Kualifikasi kader IPMA-HALSEL yang memiliki kemampuan intelektual dapat dilihat dari :


Kemampuan bersikap rasional dan logis
ketekunan dalam kajian dan pengembangan ilmu pengetahuan
pengembangan kemampuan manajerial
terbuka dan selektif terhadap pandangan baru.
memiliki tanggung jawab sosial dengan mengembangkan kesadaran ilmiah.


Kemanusiaan


Melakukan sebuah perubahan tidak sekedar mengandalkan sejuta konsep namun yang harus dilakukan adalah perjuangan untuk mewujudkan idealitas-idealitas yang terbentuk. (ekspansi gerakan) pada fase ini dibutuhkan kerja keras, semangat, ketabahan, stamina yang besar agar tidak berhenti ditengah jalan.


Kader IPMA-HALSEL yang juga sekaligus putra daerah Halmahera selatan siap dan merealisasikan ide-idenya sehingga ide-ide yang dihasilkan tidak sekedar impian dan berhenti pada ruang kosong yang utopis. Namun Yang harus disadari bahwa, untuk membangun ini semua tidak bisa dilakukan sendirian atau mengkotak-kotakan diri (pengkaplingan). Dalam artian IPMA-HALSEL akan selalu bekerja sama dengan siapapun dalam perjuangan. Secara ideal kader IPMA-HALSEL harus menjadi pejuang-pejuang yang bisa mewarnai proses pembaruan halmahera selatan nantinya. Kompetensi dasar Kemanisiaan yang dimiliki oleh kader IPMA-HALSEL adalah :


Rasa solidaritas sosial yang tinggi
Sikap kepemimpinan sosial dan kepeloporan
kemampuan bersikap kritis kepada diri dan lingkungan
sikap konstruktif

KURIKULUM KAJIAN & AKTIFITAS


Kajian Sabda langit (Al-Qura’an Dan Hadis)
Kajian teoritis
Kajian kontemporer
Studi Tokoh
Training Dasar IPMA-HALSEL
Rihlah


E. POLA HUBUNGAN DAN PENGEMBANGAN DIVISI


Koordinator
Mengkoordinir dan bertanggungjawab seluruh aktifitas IPMA-HALSEL
Divisi Keuangan
Bertanggungjawab dalam pengelolaan dan pelaporan keuangan
Bersama Divisi internal mengagendakan tambahan kas keuangan IPMA-HALSEL selain uang iuran anggota
Divisi Data dan dokumentasi
Mempersipkan data kajian (buku, koran,makala,artikel,esai) yang berkaitan dengan topik kajian serta mendokumentasikan seluruh jalannya acara IPMA-HALSEL
Divisi Internal
Mengagendakan dan melaksanakan pengkaderan IPMA-HALSEL
Bersama divisi keuangan mengagendakan tambahan diluar iuran anggota
Divisi Eksternal dan Keolahragaan
Membuat buletin IPMA-HALSEL
Menjalin kerjasama dengan organisasi lain
Olahraga Rutin Bulanan atau Mingguan


1. Tawaran Konsep Untuk Perkumpulan Halmahera Selatan di Malang

Tidak ada komentar: